Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukit Kapur atau Bukit Karst Km. 48 | Objek Wisata Hits Kekinian di Jl. Kodeco Km. 48 Desa Mantewe Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan


Pada postingan kali ini saya akan bercerita tentang Objek Wisata yang sedang Hits Kekinian di Kecamatan Mantewe yang tepatnya berada di Desa Mantewe Rt. 05 Jl. Lintas Bypass Blok E2 Desa Sukadamai ke Desa Mantewe menembus Jl. Kodeco Km. 48. Letak objek wisata ini berada di tengah-tengah jalan bypass tersebut. Kondisi jalan menuju lokasi ini sangat bagus dan mulus karena baru saja di aspal. 

Lokasi tempat bukit batu kapur ini sendiri berada di sisi jalan tersebut, yang mana gugusan atau barisan bukit batu kapur ini menghampar dari selatan menuju ke arah utara kalau tidak salah memanjang sampai wilayah Kabupaten Kotabaru di daerah Cantung. Lokasi ini dapat dicapai dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari kita Batulicin.


Hamparan bukit kapur inilah yang menjadi bintang utamanya, karena gugusan perbukitannya inilah yang menciptakan pemandangan alam yang menakjubkan. Pemandangan jajaran bukit kapur atau karst yang tersusun indah secara alamai ini paling cocok dinikmati dari jalan pintas Sukadamai ke Mantewe atau dari jalan menuju ke arah Barat. Pemandangan sendiri sangat pas dinikmati pada 2 (dua) momen khusus yaitu pada saat pagi hari atau pada saat matahari terbit, jika kalian beruntung maka akan menemukan perbukitan ini yang diselimuti oleh kabut sehingga menambah dramatis keindahan pemandangannya.


Momen selanjutnya adalah pada saat matahari tenggelam atau sunset. Karena pada saat ini khusus di area tertentu yaitu lokasi yang lebih tinggi di dekat danau kita akan dapat menyaksikan momen matahari tenggelam dengan warna langit jingga khas sore hari dengan matahari yang tenggelam tepat berada di belakang bukit kapur tersebut.


Lokasi jalannya pada saat ini juga menjadi tempat favorit para anak muda setempat untuk nongkrong santai, jalan santai dan bersepada santai pada saat sore hari. Selain menikmati hamparan pemandangan indah, kegiatan lain ataupun cara lain untuk menikmati tempat wisata ini yaitu dengan menjelajahi taman atau kebun milik Pak Sutat yang tepatnya berada di samping bukit kapur tersebut. Di taman ini ada terdapat Mushola pribadi, kebun buah-buahan, sungai kecil yang masuk ke dalam goa dan goa khas bukit kapur serta pastinya mendaki bukit kapurnya sendiri sampai ke puncak (kalau berani).


Di Mushola ini kita dapat beristirahat dan bersantai serta menikmati pemandangan bukit kapur disebrangnya dari teras musholanya. Jika kalian yang memiliki hobi yang berbau adventure atau petualangan, maka menyusuri sungai kecil yang menjorok langsung ke dalam goa kemudian menyusuri goa kapur dan mendaki atau memanjat bukit kapurnya adalah pilihan yang Sangat tepat, namun pastikan harus berhati-hati dan harus dibekali alat-alat keamanan yang standar. 

Untuk diketahui, jika kalian berniat untuk berjkunjung ke tampat ini pastikan agar membawa makanan dan minuman dari rumah atau membelinya dahulu di warung Desa Sukadamai atau Mantewe, karena di tempat ini tidak ada penjual makanan. Pastikan sampah dari makanan tersebut tidak dibuang sembarangan, intinya jaga kebersihan.


Bagi kalian yang akan berkunjung ke tempat ini ayo buruan tunggu apalagi, karena pemandangan atau view bukit karst atau bukit kapur seperti gambar terlampir kemungkinan sudah tidak akan dapat dinikmati lagi dalam beberapa tahun kedepan, karena pemandangan tersebut akan tertutup oleh perkebunan sawit yang pohonnya akan terus meninggi. Silakan dinikmati foto-foto dibawah anggap saja foto terdebut kenang-kenangan sebelum keindahannya sudah memudar 😄 silakan juga kunjungi EHER Channel di kanal YouTube saya untuk melihat dokumentasinya, jangan lupa di subscribe dan like ya 😄









1 komentar untuk "Bukit Kapur atau Bukit Karst Km. 48 | Objek Wisata Hits Kekinian di Jl. Kodeco Km. 48 Desa Mantewe Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan"

  1. Keren paman, aku suka ini, dan teramat suka dg panorama alam yg menakjubkan

    BalasHapus