Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy Pada Blog atau Website

Illustration by Freepik

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan salah satu trik atau cara mudah agar blog pribadi kita yang ingin didaftarkan Program Google AdSense atau dimonetisasi menjadi lebih cepat untuk disetujui oleh Google AdSense. Caranya adalah dengan menambahkan halaman khusus yaitu halaman Privacy Policy atau Kebijakan Privasi pada blog kalian, sebenarnya halaman ini tidak begitu penting ditambahkan di dalam blog apabila blog tersebut tidak ada niatan untuk di monetize. 

Tetapi lain halnya apabila blog tersebut akan digunakan juga sebagai lahan passive income atau untuk penghasilan tambahan melalui Program Google AdSense, maka Privacy Policy menjadi salah satu sarat utama untuk mendapatkan persetujuan dari Tim Reviewer Google AdSense. Sebenarnya halaman Privacy Policy ini adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan dari Halaman About Us, Disclaimer, Sitemap dan Contact Us, karena mereka sama pentingnya dalam proses pengajuan Google AdSense dan secara penempatanpun mereka juga selalu berdampingan. Untuk beberapa item diatas saya jelaskan cara pembuatannya pada artikel terpisah.

Pembuatan halaman Privacy Policy atau Kebijakan Privasi sendiri sangat mudah dilakukan, bisa dengan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Bisa juga dengan mengarang sendiri jika kalian ahli dalam hal penulisan tata bahasa dan aspek legal atau hukum, atau dengan menggunakan website khusus kemudian kita hanya memasukan data-data yang diperlukan saja pada website tersebut untuk kemudian digenerate menjadi naskah Privacy Policy. Nah pada bahasan ini saya akan menjelaskan cara mudah atau langkah-langkah dalam pembuatan Privacy Policy dengan menggunakan website www... com.

Berikut langkah-langkahnya :
  1. Masuk dahulu ke website berikut : http://www.privacypolicyonline.com/
  2. Masukan data-data blog kalian pada kolom : Your Site Information and Contact, Cookies dan Advertisers on your site.
  3. Setelah semua telah diisi, kemudian klik tombol Generate HTML.
  4. Kemudian muncul kode html seperti berikut.
  5. Selelah muncul kodeHTML dari hasi generate, maka salin kode HTML tersebut.
  6. Lalu paste pada halaman di blog kalian yang telah kalian siapkan, ingat rubah dahulu ke HTML format halaman postingan tersebut.
  7. Kemudian taruh kode HTML Privacy Policy yang telah disalin pada postingan jalaman tersebut.
  8. Kemudian klik Publish.
  9. Ambil link halaman Privacy Policy tersebut, lalu taruh pada Menu Navigasi Header.
  10. Selesai, mudah sekali kan. Selamat mencoba.

Untuk pembuatan halaman kkhusus untuk About Us atau Tentang Kami dan Contact Us atau Kontak Kami, silakan kalian membuat dengan mengarang atau mendiskripsikan saja sesuai dengan isi blog kalian tanpa harus melakukan generate seperti dalam pembuatan Privacy Policy, Disclaimer ataupun Sitemap. Karena untuk Privacy Policy dan Disclaimer sendiri isinya adalah pernyataan yang isinya peraturan-peraturan dan kebijakan yang terkait blog kalian serta memiliki tanggung jawab hukum, sehingga pembuatan dan penyusunan kata-katanya harus benar-benar jelas dan dapat dipertanggung jawablan secara hukum. 

Begitu juga untuk Sitemap atau Peta Situs juga harus mengenerate melalui website atau bikin sendiri jika kalian ahli coding, karena Sitemap atau Peta Situs sendiri berisi tentang navigasi blog kita dan harus selalu otomatis update berdasarkan postingan kita yang telah di publish. Sedangkan untuk About Us dan Contact Us hanya terkait penjelasan ringan tentang blog kalian serta bagaimana pembaca bisa menghubungi pemilik blog tersebut atau kalian sebagai penulis. Untuk lebih jelasnya silakan klik halaman About Us dan Contact Us pada blog ini sebagai contoh sederhananya.





Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy Pada Blog atau Website"