Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indahnya Pulau Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan

Postingkan kali ini saya akan bercerita tentang liburan saya ke Pulau Samber Gelap, pulau ini berada di wilayah Kabupaten Kotabaru bagian timur. Persisnya berada di Selat Makassar atau sebelah timur dari pulau Kotabaru. Sebenarnya rencana keberangkatan kami sudah lama, namun terkendala oleh teman-teman lainnya yang memiliki hari libur yang terbatas. Saya dan teman saya berangkat dari Mantewe, namun ke dua orang teman lainnya menunggu di Batulicin. Sekitar pukul 06.00 Wita kami berangkat dari rumah, kemudian sesampai di Batulicin repacking kembali terkait dengan perbekalan selama kami disana.

Perlu diketahui bahwa Pulau Samber Gelap adalah pulau kecil yang sangat terpencil dikarenakan posisi pulaunya yang berada di tengah laut lepas. Sehingga pulau tersebut tidak berpenghuni atau tidak seperti perkampungan di Pulau Derawan. Di Pulau Samber Gelap sendiri hanya ditinggali para karyawan salah satu pemilik pulau tersebut (informasinya pulau itu sudah dimiliki oleh orang pribadi), sedangkan di Pulau Sawah yang terdapat Mercusuar hanya ditinggali oleh petugas yang menjaga mercusuar.

Maka dari itu persiapan logistik untuk konsumsi selama disana harus dipersiapkan sebelum berangkat. Kebetulan rencana kami hanya satu hari berada di pulau itu dan tidak berkemah dan membawa perlengkapan masak. Sehingga kami hanya membawa makanan jadi saja seperti roti, keji, susu, buah, air mineral dan makanan lainnya. Disana kami akan bermalam di Pulau Sawah dengan menyewa penginapan dari bangunan yang ada disana.

Keberangkatan kami mulai dari Pelabuhan Speed Boat milik Pol Air Batulicin atau tidak melalui pelabuhan umum. Sekitar pukul 07.00 Wita speed boat yang kami tumpangi sudah berangkat sesuai pesanan. Pagi itu cuaca sangat bagus, tidak ada gelombang besar. Sesampai di Pelabuhan Kotabaru setelah menempuh perjalanan kurang lebih satu jam, kami diwajibkan untuk melaopr ke perugas Pol Air Kotabaru terkait rencana keberangkatan kami ke Pulau Samber Gelap.

Perjalanan mengarungi lautan lepas kami mulai dari Pelabuhan Kotabaru menuju Pulau Samber Gelap dengan menempuh kurang lebih 2 jam lamanya. Alhamdulillah pada pagi itu gelombang sangat tenang, jadi kami tidak menemukan kendala yang berarti. Ombak yang lumayan besar hanya terjadi ketika kami sudah hampir sampai di Pulau Samber Gelap.

Setelah sampai di tujuan kami langsung disambut dengan air laut yang begitu bening bagaikan air aqua, sehingga terumbu karang yang terdapat di dasar lautnya terlihat dengan sangat jelas. Tujuan pertama kami adalah Pulau Samber Gelap, sehingga kami tidak langsung ke Pulau Sawah.

Sebelum rombongan kami menginjakan kaki di pulau itu, saya terlebih dahulu meminta izin kepada karyawan dari villa di pulau itu terkait dengan tujuan kami. Mungkin kalian sedikit bingung mengapa harus meminta izin, karena Pulau Samber Gelap merupakan pulau milik pribadi maka kita tidak bisa sembarangan masuk tanpa izin.

Setelah sudah mendapatkan izin baru semua dari kami turun dan menggelar tikar disana untuk menikmati suasana pantai dan santapan makan siang. Setalah makan siang selesai, kami lanjutkan dengan memgeksplor pulau tersebut. Pulau Samber gelap hanyalah pulau kecil, pulau ini memiliki pasir putih dan air yang sangat bening. Banyak terdapat pohon kelapa di pulau ini, namun juga ada pohon-pohon lainnya seperti pinus pantai.

Di pulai ini juga terdapat penangkaran penyu. Hampir keseluruhan sisi pulau ini memiliki garis pantai, selain itu di pulau ini juga terdapat villa, dermaga dan helipad. Semua fasilitas tersebut tentunya adalah milik dari si pemilik pulau. Di laut sekitar pulau ini pengunjung dapat menikmati diving, snorkeling atau hanya sekedar berenang.

Setelah puas menikmati Pulau Samber Gelap dan hari pun sudah mulai gelap, maka kami putuskan menyebrang ke Pulau Sawah untuk menginap. Namun di Pulau Sawah kami tidak langsung istirahat, namun kami lanjutkan lagi dengan berenang di sekitar sana. Singkat cerita malam sudah tiba, suasana malam di Pulau Sawah cukup ramai karena disana banyak berkumpul rombongan pengunjung dari Banjarmasin. Setelah selesai menikmati makan malam dan ngobrol ngalur ngiduo, maka kami lanjutkan untuk beristirahat.

Keesokan paginya sebelum kami beranjak pulang ke Batulicin, kami sempatkan lagi untuk snorkeling ke salah satu titik yang menjadi tempat faforit snorkeling di sana. Wow ternyata disana pemandangan bawah lautnya sangat indah, sekitar 1 jam kami habiskan untuk snofkeling disana. Setelah kegiatan pagi itu selesai, kami pun lanjut untuk persuapan pulang. Alhamdulillah perjalanan pulang berjalan dengan lancar karena tidak terdapat ombak besar.

1 komentar untuk "Indahnya Pulau Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan"