Wednesday, November 30, 2016

Trip ke Bali Part # 5 (Pertunjukan Calonarang)


Pagi-pagi sekali setelah kami selesai sarapan di hotel, tidak berapa lama travel jemputan telah tiba. Setelah semuanya dipersiapkan, kami langsung berangkat menuju ke Ubud tepatnya Tegalalang Rice Terrace yang sangat ikonik sekali. Perjalanan pada pagi itu ramai lancar namun cuaca sedikit mendung, dan sudah mulai turun hujan. Sebelum ke TKP utama kami ditawari oleh Pak Putu selaku driver kami untuk mampir dahulu ke Padang Bulan untuk melihat pertunjukan seni tari dan peran yaitu Calonarang.

Sesampai di Padang Bulan kondisi sedang hujan ringan, kami langsung menepi untuk parkir. Ternyata sudah banyak wisatawan yang parkir dan berada disana untuk menikmati pertunjukan itu, pengunjung yang mendominasi adalah pengunjung mancanegara. Setelah membayar tiket masuk, saya lupa berapa harga perorangnya maka kami langsung dipersilakan untuk masuk ruang pertunjukan yang tempat duduknya di desain meninggi ke belakang seperti di bioskop. Kami memilih duduk di bagian deretan bangku agak diatas.

Kursi penonton pada saat itu terisi penuh dari yang muda sampai pengunjung sudah lanjut usia. Pertunjukan berlangsung lebih dari satu jam, dan pertunjukan itu persis sekali dengan yang pernah saya lihat di salah satu program Lilacita di Bali TV. Dari tari-tarian khas Bali, barong dan lain-lain dipentaskan semuanya disana. Karena menggunakan bahasa Bali maka saya tidak paham sama sekali dialognya, namun setiap pengunjung diberi satu lembar teks berbahasa Indonesia dan berbagai bahasa asing lainnya, yang tujuannya agar tetap bisa memahami alur cerita.

Setelah satu jam lebih pertunjukan telah usai dipentaskan, menurut saya cukup menghibur apalagi saya orang Kalimantan belum pernah melihat secara langsung dan bukan merupakan penikmat seni teater. Tapi jika kalian merupakan pecinta seni pertunjukan teater maka pertunjukan Calonarang ini jangan sampai dilewatkan. Setelah selesai foto-foto di tempat itu kami langsung menuju keluar untuk melanjutkan perjalanan ke Tegalalang menjelang siang itu.

2 comments:

  1. memang eksenian di bali itu bagus2 dan bikin orang kagum

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setuju banget :D, thanks ya sudah mampir ke blog saya...

      Delete