Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indahnya Air Terjun Mandin Damar di Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu


Pada postingan kali ini saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke tempat wisata Air Terjun Mandin Damar yang berada di Desa Gunung Raya Kecamatan Mantewe Kab. Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Sebenarnya rencana sebelumnya perjalanan ke air terjun ini bukanlah tujuan utama kami, tetapi karena cuaca yang tidak bersahabat pada saat itu sehingga kami putuskan hanya datang ke Air Terjun Mandin Damar. Lokasi air terjun ini sebenarnya berada di desa tetangga saya, walaupun desa tetangga yang logikanya dekat namun ini adalah kali pertama saya kesana. Itupun tahunya gara-gara melihat feed di instagram. 

Jarak antara tempat tinggal saya sekitar ke Air Terjun Mandin Damar sekitar 9 Kilometer, tetapi ternyata ditambah lagi jaraknya sekitar 6 Kilometer perjalanan. Jadi posisi air terjun ini tidak berada di sisi jalan utama Jl. Kodeco Km.60 jalur Batulicin - Kandangan, tetapi harus masuk lagi ke dalam perkampungan yang bukan perkampungan utama dengan kondisi jalan yang berbatu-batu. Apabila kalian berangkat dari Kota Batulicin, maka total perjalanan yang akan ditempuh kira-kira sepanjang 66 Kilometer dengan sebagian besar jalan sudah diaspal.

Ada sekitar 1 Kilometer perjalanan tambahan yang harus ditempuh dengan berjalan kaki karena kondisi jalannya masih tanah belum peenah dilakukan pengerasan, tetapi jika kalian menggunakan kendaraan Off Road maka jalan tersebut dapat dilalui. Maklum karena posisi persisnya tempat wisata ini berada di tengah hutan belantara Pulau Borneo, sehingga butuh perjuangan ekstra untuk mendatanginya. Sesampai di lokasi Air Terjun Mandin Damar, saya benar-benar sangat terkesan dengan pemandangan indahnya air terjun ini. 

Air terjun ini memiliki bidang jatuhan air yang terdiri dari batu yang cukup lebar, serta memiliki ketinggian yang lumayan tinggi. Pola sisi dari sungainya sendiri agak melingkar dan melebar di bagian dalam, namun agak menyempit di bagian muaranya, boleh dikatakan bentuknya seperti kolam renang alami. Airnya sendiri terlihat sangat jernih dan bening seperti kristal, bahkan batuan yang berada didasar sungainya terlihat sangat jelas.

Awalnya saya mengira di bagian tengah sungai kondisi airnya dangkal, namun ternyata airnya cukup dalam, mungkin karena airnya jernih jadi terlihat seperti surut. Banyak terdapat ikan-ikan kecil air tawar khas daerah tropis yang berenang di dalam air. Kondisi alam di sekitar air terjun ini masih sangat alami dan tertutup oleh banyak canopy dari pepphonan. 

Seperti biasa tidak afdol datang ke tempat wisata air apabila tidak ikut berenang atau hanya sekedar bermain air sampai basah-basahan. Kami menghabiskan waktu disana sekitar 1 jam lamanya, sebenarnya ingin lebih lama lagi namun karena hari sudah hampir mahgrib dan sudah mulai gelap maka kami memutuskan untuk segera pulang. 

Intinya perjalanan saya kesana tidak sia-sia walaupun menempuh perjalanan yang jauh dan berliku, tetapi semua terbayar oleh keindahan Air Terjun Mandin Damar. Fyi, untuk yang berniat berangkat ke sini sebaiknya dilakukan pagi hari serta berombongan supaya lebih terasa fun nya dan jangan lupa bawa perbekalan minuman dan makanan dari rumah, atau dengan membeli dahulu di perkampungan Jl. Kodeco Km. 60. Sepeda motor bisa dititipkan di parkiran atau jika tidak ada tukang parkir maka bisa juga dititipkan di perkampungan terdekat.

Posting Komentar untuk "Indahnya Air Terjun Mandin Damar di Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu"