Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indahnya Pantai Semisir Kotabaru, Kalimantan Selatan

Keberangkatan saya kali ini ke Pantai Semisir adalah tujuannya untuk fotografi, karena kedatangan saya sebelumnya ke pantai ini kegiatan fotografi saya kurang makasimal. Kedatangan sebelumnya dikarenakan tujuan utamanya hanya untuk singgah saja dari kepulangan kami dari Pantai Teluk Tamiang, sehingga saya tidak bisa mengeksplore tempat ini secara maksimal.

Jadi kennerangkatan kali ini tujuannya adalah untuk fokus memgambil foto dan mengeksplore tempat ini, sehingga saya berangkat hanya sendirian saja. Berdasarkan pengalaman sebelumnya apabila berangkat rombongan, kita tidak bisa sesuka hati untuk pergi ke sudut-sudut tertentu untuk menghabiskan waktu mengambil foto. Karena kita pada saat itu terbentur oleh kepentingan dan kesepakatan bersama, jadi kita tidak bisa berlaku sesuka hati.

Perjalanan saya mulai langsung dari rumah saya di Batulicin bukan dari tempat tinggal saya yang berada di Mantewe, karena saya berencana agar saya tiba di tempat tujuan masih dalam kondisi pagi hari. Apabila berangkat pagi selain agar cuaca tidak terik, namun saya juga dapat ingin mendapatkan golden momen untuk pengambilan foto serta menikmati sarapan pagi saya disana.

Sekitar pukul 06.00 Wita Kapal Ferry yang saya tumpangi sudah mulai berangkat, sekitar 1 jam kemudian sudah sampai di Pelabuhan Tanjung Serdang Kotabaru. Karena saat itu adalah saat dimana matahari terbit, maka di dalam kapal ferry saya sempat mengabadikan momen sunrise yang sangat indah.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan jalan darat ke arah selatan pulau Kotabaru atau tepatnya ke arah Lontar yang ditempuh sekitar 1 jam atau lebih untuk tiba di Pantai Semisir. Kondisi jalan saat itu cukup baik, jalan beraspal namun kadang ditemui lobang-lobang besar di badan jalan. Selain itu juga terdapat  benerapa potong jalan yang sedang dilakukan pengerasan untuk diaspal.

Sekitar pukul 09.00 Wita saya sudah sampai di Pantai Semisir, setelah menempuh perjalanan 1 jam atau lebih dengan menggunakan sepeda motor. Kondisi cuaca saat itu sesuai ekspektasi saya yaitu sangat cerah dan bagus, sehingga sangat pas untuk melakukan hobi fotografi. Kondisi pantainya sendiri sangat bagus, dengan laut yang biru bening serta pasir putih yang cukup luas membentang.

Jika pantai ini dilihat dari ketinggian, maka kita akan melihat seperti adanya penampakan terumbu karang di dasar lautnya. Namun sangat disayangkan masih terdapat banyak sampah plastik bekas makanan yang dibuang sembarangan di sudut-sudut pantainya, mungkin salah satunya katena tidak tersedia tempat sampah disana. Tanpa berlama-lama saya langsung mengeksplor pantai itu dan mengabadikan sudut-sudut pantai itu dengan kamera yang telah saya siapkan dari rumah.

Setelah kira-kira sudah terabadikan semua, saya kemudian memilih beristirahat di gazebo untuk menikmati indahnya Pantai Semisir di pagi hari sambil menikmati sarapan pagi yaitu nasi bungkus dengan lauk daging sapi yang sebelumnya sudah saya beli di Batulicin dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk rekan-rekan yang berniat berkunjung ke Pantai Semisir sebaiknya untuk mempersiapkan bekal makanan dan minuman dari rumah, karena disini tidak terdapat warung penjual makanan. Jangan lupa juga untuk membawa baju ganti, karena air lautnya bening sehingga kamu pasti tergoda untuk berenang atau sekedar bermain air.